Menu

Translate

Rabu, 27 Februari 2013

Odalan


Budaya merupakan bagian yang menyatu dalam ritual keagamaan bagi umat Hindu. Demikian juga dalam acara odalan untuk memperingati berdirinya sebuah pura, nuansa budayanya terasa sangat kental. Inilah salah satu rahasia mengapa budaya dalam komunitas Hindu terus lestari.

Odalan adalah sebuah upacara keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat hindu bali untuk memperingati hari kelahiran pura. Upacara Odalan ada dua macam, upacara enam bulanan dan upacara satu tahunan. Semakin tinggi tingkat puranya, upacara yang diadakan semakin meriah.

Biasanya, upacara odalan satu tahunan lebih besar dan meriah. Odalan tahunan pura desa dirayakan lengkap dengan tarian sepanjang malam.

Bagi umat Hindu, odalan adalah ritual yang memiliki makna untuk memperingati lahirnya sebuah pura. Ritual ini sering disebut juga dengan istilah tegak odalan. Jadi,  odalan adalah ritual yang memiliki hakekat untuk memperingati lahirnya tempat pemujaan yang suci atau sebuah pura.

Dengan adanya ritual  odalan, umat Hindu diharapkan untuk ingat dan selalu mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi (Tuhan). Di samping itu, tradisi odalan ini juga bertujuan  untuk meneguhkan daya rekat sosial dan keagamaan bagi seluruh umat.

Pada saat ritual odalan, cita rasa seni sangat kental hadir dengan tampilnya lantunan tembang atau mekidun dan metabuh, pentas tari pendet serta gelaran kesenian lainnya. Ini berarti apresiasi budaya sangat melekat dalam kehidupan keagamaan bagi umat Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar